Sabtu, 05 April 2014

Keunikan EXO

1. Sub Group
          EXO ini terbagi jadi 2 sub grup EXO-K (Korea) dan EXO-M (Mandarin). Tapi sekarang EXO lagi promosi utuh dengan 12 member dengan lagu (tetep) versi korea dan China. Mengingat senior mereka Super Junior yang juga membentuk sub grub Super Junior-M dengan sebagian member Suju (aja) di dalamnya dan 2 member dari China Zhoumi dan Henry. EXO ini bener2 membagi jadi 2 sub grup. Dimana tidak ada member EXO-K yang jadi member EXO-M ataupun sebaliknya dengan masing-masing sub grup punya leader, maknae, main vocal, lead vocal, main dancer, lead dancer, main rapper, lead rapper dan visual masing2.

2. Leader
            Pada tau kan kalo Kris itu leader EXO-M? dan yang paling tua itu Xiumin., biasanya SM kan menganugerahi gelar leader itu sama member yang paling tua, tapi tidak untuk Kris. Berdasarkan hasil analisa sotoy aku sih, kalo Xiumin jadi leader. Xiumin bakal kesulitan deh. Kan xiumin orang korea tulen. Kalo ada apa2 pas acara music atau varietyshow yang ditanya2 biasanya leader. Karna debutnya di China, jadi tereliminasilah Xiumin yang mungkin bahasa mandarinnya belum lancer saat itu #mungkin. Dan hak leader bisa saja dialihkan ke Luhan, secara dia kan yang tertua nomer 2. Tapi tanpa gelar leader aja Luhan bisa dibilang rampok. Kenapa? Posisinya aja udah lead vocal/main vocal, lead dancer dan visual. Nah loh bang Luhan? Kalo kamu jadi leader kasian kan yang lain? Akhirnya posisi leader dianugerahkan kepada Kris sebagai member tertua nomer 3. #tepuktangan. Kalo EXO-K nggak usah ditanya lagi ya? Emang leadernya itu yang paling tua, dia adalah Suho.

3. Maknae
            Hayooo siapa yang bisa menebak pas pertamakali tau EXO kalo Tao dan Sehun itu maknae nya? Aku aja salah, aku kira maknae nya itu Luhan sama Baekhyun #ceritalama. Habisnya mereka berdua itu unyu2 banget sih. Luhan itu muka nggak seimbang sama umur. Kalo Baekhyun muka nggak seimbang sama suara nya yang menggelegar kaya ledakan meteor. Tapi kata temen aku, unyu nya Baekhyun sama Luhan itu beda loh. Kalo unyu nya Luhan cenderung cantik, babyface (muka nya kaya anak bayi), bawaannya pengen meluk Luhan aja J #DihajarpenggemarLuhan. Kalo unyu nya Baekhyun  itu lebih ke arah ganteng, kidface (muka nya kaya anak kecil), trus bawaannya pengen nyubit :D, habisnya ngegemesin banget sih #dilemparbatu.

4. Face of group and visual 
            Aku juga salah tebak nih, aku kira visual EXO-K itu Sehun, habisnya dia yang paling ganteng sih, kalo EXO-M entah kenapa aku emang udah bisa nebak kalo visualnya Luhan, hehehe. Ini juga salah satu keunikan EXO, Visual dan Face of grup nya bukan member paling ganteng. Tau sendiri kan? Biasanya Visual boyband lain itu member paling ganteng. Tapi enggak berlaku buat EXO. Setuju kan kalo Sehun lebih ganteng dari Kai? Setuju juga kan kalo Kris lebih ganteng dari Luhan? Meskipun ada juga yang bilang Kalo Luhan itu paling tampan di EXO-M. Ya terserahlah, namanya juga pendapat, dan pendapat masing2 orang itu nggak sama.
            Face of grup dan visual EXO-K itu Kai, Face of grup dan visual EXO-M itu Luhan. Tapi pas gabung jadi 12 member kaya sekarang, aku rasa Face of grup keseluruhan itu Kai, alesannya di MV versi dance Wolf dan Growl yang paling banyak disorot itu Kai. Dan Visual keseluruha itu Luhan, alesannya di MV versi drama itu pemeran utamanya Luhan. Terus juga pas mereka foto bareng, bukan pas foto narsis ya? Tapi foto wajar. Pasti Luhan sama Kai itu di tengah, terkadang Kai lebih maju, kadang Luhan lebih maju. Terus pas di akhir MV versi korea Histori, Mama dan Growl yang di tengah pasti Kai. MV versi china yang di tengah pasti Luhan. Kalo Wolf beda dikit, yang di akhir MV itu Luhan dan Sehun. Tapi coba liat yang di tengah pas menjelang akhir  versi korea nya itu Kai sambil bilang Nan neukdego, neon minyeo. Kalo versi China nya yang di tengah menjelang akhir itu Luhan.
 
5. Vocal Line
            Saat pertama kali tau EXO, aku bener2 memuji kedahsyatan vocal D.O. tapi pas denger2 semua lagunya, aku rasa vocal Baekhyun lebih bagus, aku pernah baca urutan vocal EXO. 1. Chen 2. Baekhyun 3. D.O. 4. Luhan. Dalem hati aja sih, aku pernah bilang gini: kok Chen yang no. 1 ya? Kan suaranya cempreng, terus melengking gitu, bagusan juga Baekhyun. Hohoho itu pendapat masa lalu. Ampuni aku ya Chen Oppa? Vocalmu emang yang paling bagus kok. Pas udah denger Chen nyanyi diluar lagu2 EXO, contohnya yang di immortal song. Beuhhh… dahyat banget suaranya. Emang nggak salah kalo Chen jadi main vocal EXO-M, tapi yang di EXO-K ini bikin bingung. Dulu aku search profil member EXO, di EXO-K kadang D.O. main vocalnya kadang Baekhyun main vocalnya. Hadeh (~,~)”.
            Tapi udah pada tau kan sekarang kalo Baekhyun dan D.O. itu sama2 main vocal EXO-K? fans jangan berantem lagi nentuin siapa main vocal EXO-K. Mereka bilang kalo mereka itu main vocal salah satunya di happycamp (abaikan Kris). dan pasangan suaranya itu Chen sama Baekhyun (lebih bagus Chen tapi ganteng Baekhyun) #plak. Baekhyun-Chen itu hampir semua lagu dapet part terbanyak, walaupun ada juga lagu yang lebih banyak D.O.-Luhan, udah gitu Baekhyun-Chen juga suka dapet nada tinggi. Emang syarat main vocal kaya gitu kan? Dapet part nyanyi terbanyak dan yang suka jerit2 alias dapet nada tinggi yang banyak. Okelah di BigBang yang suka dapet nada tinggi itu Daesung, tapi yang dapet part nyanyi terbanyak tetep Taeyang kan? Mangkanya Taeyang main vocal dan Daesung Lead vocal. Oke, balik ke EXO. Untuk kualitas vocal emang Chen nomer 1 dan Baekhyun nomer 2. Suara mereka sama2 berkarakter dan jago di nada tinggi. Nada rendah nya juga lumayan. Kalo udah jerit2 Baekhyun itu… Omaigat banget dah agak ngerock gimana gitu, keren banget deh pokoknya. Kalo pengen puas dengerin Baekhyun jerit2, dengerin lagu Wolf. Kalo Chen udah jerit2… Wihhh, merinding pasti. Suaranya tingginya bisa menusuk lubuk hati paling dalam. Istimewa banget suaranya, Chen bisa teriak powerfull ala Baekhyun, teriak cengkok melayu ala D.O. dan teriak melengking atau teriak sengau  ala Chen sendiri. Kalo mau puas dengerin Chen jerit2, dengerin lagu Mama yang versi China.
            Sekarang kita bahas D.O sama Luhan (vocal lebih bagus D.O. tapi ganteng Luhan) Loh? Untuk kualitas emang Chen-Baekhyun lebih bagus, tapi kalo ditanya siapa member EXO yang punya suara paling indah? Aku pasti jawab D.O. emang indah banget suaranya. Kalo ditanya siapa member EXO yang suaranya paling kamu suka? Aku jawab Luhan. Suaranya merdu banget, lembut menenteramkan hati xD. D.O-Luhan ini dapet part nyanyi terbanyak kedua selelah Baekhyun-Chen. Lebih cenderung ke nada rendah (apa lagi Luhan). Kadang2 dapet nada tinggi juga sih (apa lagi D.O). Tapi emang nggak sebanyak Chen atau Baekhyun sih. Aku suka banget dengerin lagu Black Pearl versi Korea. Gile… suara D.O. bagus banget! Part nyanyi D.O. juga lebih banyak di banding Baekhyun di lagu itu. Pas didengerin, kita sebangai orang Indoesia yang kulitnya lebih hitam dibanding orang Korea kan bisa juga ya dibilang Black Pearl (maksa banget sih?). Kita berasa direbutin D.O., Suho sama Baekhyun deh dilagu itu. D.O. bilang: She’s my black pearl oh~ she is my black pearl. Terus Suho bilang: No O O O~ geunyeoreul hyanghae. Eh Baekhyun nyahut juga: Ho~ Oh~ my beautiful black pearl yeah. Dijawab lagi sama D.O.: Ho~ hey she’s my beautiful beautiful black pearl. #abaikan hohoho kan gila aku kumat lagi. Kalo suara Luhan, aku suka banget dengerin lagu Don’t Go versi China. Part nyanyi luhan lebih banyak dibanding Chen di lagu itu. Apa kalian tetep akan pergi setelah diminta Luhan untuk tidak pergi? So baby don’t go~ Loh kata mereka! Kalau aku sih, boro-boro mau pergi. mungkin minimal aku pingsan. Hehehe.
            Sekarang mari kita berhitung. Untuk peringkat vocal EXO-K itu 2 dan 3 kalo diukur make rumus matematika 2+3=5, 5:2=2,5. untuk EXO-M itu 1 dan 4, perhitungannya 1+4=5, 5:2=2,5. Hayo? Jadi kualitas vocal EXO-K dan EXO-M itu seimbang kan? Satu kata untuk mendesripsikan empat main vocal kita: Luhan itu merdu, D.O. itu indah, Baekhyun itu keren dan Chen itu istimewa :D
              Aku rasa SM udah memperhitungkan vocal masing2 sub grup deh. Coba bayangin kalo main vocal EXO-K Chen sama Baekhyun! Siapa yang jago di nada rendah? Mengingat Chen dan Baekhyun itu  hobby nya teriak2. Dan di EXO-M kalo main vocal nya D.O. sama Luhan, siapa yang jago di nada tinggi? Coba bayangin juga kalo main vocal EXO-M itu Baekhyun sama Luhan! Siapa yang bisa nyanyi nada yang meliuk-liuk, cengkok melayu ala D.O. dan Chen? Terus kalo main vocal EXO-K nya Chen sama D.O, siapa yang cocok dapet part falsetto? (contoh falsetto itu di lagu Peter Pan, Baekhyun part: Neon meoreojyeo ga tteonaji ma geuttae naega. Terus di lagu Lucky itu ada part falsetto: Huuuuuhuuu, itu yang nyanyi Baekhyun di EXO-K dan Luhan di EXO-M ). Mangka nya yang paling cocok bersanding dengan  Luhan di EXO-M itu Chen xD #tebarbunga #bakarkemenyan.
 
6. Main Rapper
            Kebalikan dari main vocal yang mutlak main vocal-1 di EXO-M itu chen dan galau siapa main vocal-1 antara Baekhyun dan D.O. di EXO-K. kalo main rapper-1 yang mutlak itu Chanyeol di EXO-K dan galau nentuin antara Tao dan Kris yang main rapper-1 di EXO-M. menurut kalian siapa? Aku masih bingung sampai sekarang. Di profil member yang aku baca dari berbagai sumber sih, rata2 Tao yang main rapper, tapi kok yang suka tampil ngerapp two moons sama Chanyeol itu Kris. Menurutku juga Kris lebih bagus ngerapp nya.
            Untuk main dancer kaya nya nggak perlu dibahas ya? Udah pada ‘ngeh’ pada pandangan pertama kan kalo EXO-K main dancer nya Kai, EXO-M main dancer nya Lay? Terus nggak ada yang aneh juga dengan main dancer. Lay sama Kai emang yang paling jago ngedance di sub grup masing2. Artinya Cuma di kategori ini yang normal :D. hehehe. Tapi ada yang kurang ya? Aku belum ngasih fotonya Lay, pada hal lainnya udah. Jahat ya? 
     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar